Sunday, June 16, 2013

5 Bandara Paling Cantik di Dunia


img

Traveler yang sering bepergian dengan pesawat pasti tidak asing lagi dengan bandara. Bandara bukan lagi tempat yang didesain biasa, di beberapa negara di dunia arsitekturnya bahkan dibuat dengan cantik.

Tapi menurut Paul Goldbeger, seorang kritikus arsitektur, sebuah bandara seharusnya dapat memberikan rasa nyaman kepada wisatawan. Dari CNN Edition, Rabu (12/6/2013), ini dia 5 bandara dengan arsitektur paling cantik di dunia berdasarkan urutan dari Paul Goldbeger:

1. Bandara Madrid-Barajas di Madrid, Spanyol

Didesain oleh seorang arsitektur bernama Richard Rogers untuk Terminal 4 di Barajas, dan pembangunannya selesai pada 2006. Desain ini yang menjadi salah satu favorit dari Goldberger.


"Dia benar-benar merealisasikan apa yang direncanakan dan dia membuat bandara tradisional ini menjadi indah," ujarnya.

Menurutnya lagi, desain yang dibuat oleh Rogers cukup elegen dengan membuat tiang-tiang panjang yang terbuat dari baja itu menjadi berwarna-warni yang secara bertahap berubah warna. 

2. Bandara Internasional Beijing di Beijing, China

Bandara Internasional Beijing didesain oleh Sir Norman Foster. Menurut Goldberger, Foster adalah satu orang yang berhasil merancang bandara dengan cara baru. Desain terminal Foster selesai pada 2008 untuk menyambut Olimpiade yang berlangsung di sana. Bandara ini juga menghubungkan titik-titik jalur kereta. 

3. Bandara Internasional Kansai di Osaka, Jepang

Pulau Kansai adalah pulau buatan yang terletak sekitar 40,2 km dari Osaka dan sekitar 4,8 km dari pantai. Didesain oleh seorang arsitek Renzo Piano yang berhasil memenangkan kompetensi desain pada 1988, bandara ini baru selesai pada 1994. Bandara Kansai menangani lalu lintas udara 24 jam setiap harinya. Pulau ini sekarang terhubung ke daratan dengan panjang sekitar 4 km dari daratan dengan dua jembatan tingkat.

"Bandara ini indah, tapi pencapaian untuk membuatnya lebih dari arsitekturnya itu sendiri," kata Goldberger.

4. Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi

Bandara ini selesai pada 1981 dan didesain oleh Perusahaan Skidmore dan Owing and Merrill's berhasil menangkap ensensi tradisi nomaden orang Arab Saudi. Perusahaan membuat struktur bangunan dengan tenda yang menjaga udara tetap dingin di padang pasir. 

"Jeddah tampaknya berupaya untuk mengkolaborasikan tradisi nomaden dengan arsitektur modern. Awalnya terlihat mustahil, tapi mereka berhasil melakukannya," kata Goldbeger.

5. Bandara Internasional Raleigh Durham di North Carolina, AS

Bandara ini sering diabaikan sebagai contoh dari contoh arsitektur yang baik. Didesain oleh seorang arsitek Fentress Denver dan selesai pada tahun 2011, Bandara Internasional Raleigh Durham terinspirasi oleh segitiga hubungan penelitian perusahaan dan universitas.

"Itu adalah bandara yang memiliki banyak kayu dan kaca di dalam," kata Goldbeger.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan. trims.